Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Menginap di Warnet Jepang

Manga Cafe atau warnet adalah solusi lain untuk mengirit biaya penginapan di Jepang
Selain menginap di hostel atau hotel kapsul, ada satu lagi penginapan yang mungkin bisa menekan biaya berwisata Anda di Jepang jika memang harus dilakukan. Menginap di internet cafe/manga cafe atau yang di Indonesia kita kenal dengan nama warnet!
Lho, memang nyaman menginap di warnet? Beberapa warnet di Jepang menyediakan fasilitas para tamu untuk menginap. Mereka menyediakan ruangan untuk orang yang ingin mengambil “Night Pack”. Harga sewanya rata-rata berkisar 1.500 hingga 2.000 yen untuk 6-8 jam.
Menginap di warnet bisa jadi solusi lain untuk para traveller, bahkan banyak juga orang Jepang yang menginap disini dibandingkan menghabiskan malam di hotel kapsul dengan tarif 3.000 yen permalam.
Fenomena menginap di warnet bagi orang Jepang sendiri sudah seperti menjadi sub-kultur yang biasa disebut net cafe refugee atau cyber homeless. Biasanya para pekerja yang mempunyai pendapatan bulan minim atau pekerja paruh waktu banyak yang memutuskan untuk menghabiskan malam di warnet.
Kondisi di dalam bilik warmet Jepang

Menurut cerita, hal ini dikarenakan dahulu kala banyak pembunuh dan penjahat lainnya yang bersembunyi di warnet. Jadilah peraturan ini dibuat dan tidak terkecuali untuk orang asing.Untuk menggunakan warnet di Negeri Sakura juga berbeda dengan di Indonesia.
Jika di Indonesia kita tinggal datang dan menanyakan komputer mana yang bisa kita gunakan, di Jepang Anda harus mendaftar dan mengisi formulir terlebih dahulu, meski tidak semua warnet mewajibkannya. Jadi semuanya tergantung dari kebijakan tiap warnet.
Untuk mendaftar, pastikan untuk membawa paspor, dan salah satu warnet yang pernah kami inapi di daerah Nippori terbilang cukup rumit untuk proses pendafataran karena semuanya menggunakan huruf Jepang, tidak dengan alfabet.
Namun, banyak warnet lainnya yang proses pendaftaran terbilang mudah jika kita membawa paspor dan tidak pernah mengalami masalah kriminal dan sejenisnya selama di Jepang.
Warnet di Nippori memberikan opsi ruangan untuk dua orang ataupun satu orang dan bila kalian perokok, bisa juga memilih ruangan yang diperbolehkan untuk merokok.
Setelah mendaftar dan membayar paket yang diambil, akan ada orang yang mengantarkan ke tempat ruangan yang akan digunakan. Ruangan khusus atau private room ini cukup nyaman untuk Anda menghabiskan malam karena menyediakan futon yang akan membuat para penggunanya bisa nyenyak untuk tidur.
Selain bisa online sepuasnya, warnet di Jepang juga memberikan fasilitas minuman gratis sepuasnya
Fasilitas lain yang diberikan adalah all you can drink atau bisa mendapatkan minuman yang disediakan di warnet dengan gratis. Selain itu di dalam ruangan juga tersedia dvd dan video game (Ada beberapa yang menyediakan PS2 atau PS3). Para pengguna warnet juga bisa mandi di toilet yang disediakan meski kadang dibatasi selama 15 menit.
Jika Anda merasa lapar, mereka juga menyediakan makanan yang bisa anda pesan dan ada juga beberapa warnet yang menyediakan mesin penjual makanan otomatis. Internet Cafe/Manga Cafe juga menyediakan banyak koleksi manga yang bisa Anda baca sepuasnya
Terdapat ribuan koleksi manga di setiap manga cafe

Ya, menginap atau menghabiskan malam di internet cafe Jepang merupakan solusi lain yang mumpuni jika Anda memiliki budget minim saat travelling ke Jepang. Jadi, sebenarnya biaya untuk berwisata ke Jepang tidak terlalu mahal jika Anda mengumpulkan banyak informasi tentang negeri sakura tersebut.
Ada dua warnet yang kami rekomendasikan jika memang nanti anda “terpaksa” harus menginap di warnet:
1. Bagus Gran Cyber Cafe (グランサイバーカフェバグース)
Warnet ini adalah salah satu yang paling terkenal dan memiliki banyak cabang di Jepang. Tempatnya sangat tenang dan bersih. Menyediakan tempat mandi yang bersih dan juga kursi pijat dengan biaya sewa 150 yen untuk 30 menit.
Harga untuk Night Pack atau Private Room: 1.600 yen untuk 8 jam.
Alamat: Mitsuyoshi Bldg. 6F, Udagawacho 28-6, Shibuya-ku, tel. 03 5428 3217
Web: Bagus Gran Cyber Cafe
2. Manboo Internet Comic Cafe (マンガ喫茶マンボー)
Ini mungkin warnet yang terbesar. Harganya tidak terlalu mahal namun karena banyaknya lampu membuat terkadang sulit untuk tidur. Menyediakan kamar mandi dan kadang jasa pijat serta layanan kecantikan.
Harga untuk Night Pack atau Private Room: 1.380 yen untuk 8 jam.
Catatan: Harga mungkin bisa berubah tergantung kapan Anda akan berkunjung.

Source Thedailyjapan