Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Hal yang Harus Dilakukan di Akihabara


Para penggemar budaya modern Jepang pasti sudah tak asing mendengar nama Akihabara. Salah satu distrik di Tokyo ini dulu adalah pusat elektronik di Jepang dan kini telah berubah menjadi surga belanja bagi para “maniak”. Begitu banyak yang bisa dibeli seperti manga dan video game, serta berbagai hal menyenangkan lainnya bagi seorang otaku. Bagi penggemar hardcore, kalian dapat menemukan barang terbaik untuk ditambahkan ke koleksi kalian dengan harga murah di sini. Bahkan untuk hobi nyeleneh sekalipun, ada cukup banyak toko yang menjual barang-barang unik (baru atau bekas) dengan kualitas hebat.
Terlepas di manapun kalian berada, pasti ada hal-hal menarik yang bisa kalian lihat atau alami di Akihabara. Berikut adalah hal-hal yang kami rasa harus dilakukan ketika kalian ada di sana:

1. Mengunjungi Maid Caféakihabara

Maid cafe adalah fenomena yang mengenjutkan dunia atas ide-idenya saat pertama kali diperkenalkan, tapi sekarang sudah diterima sebagai hal unik Jepang. Kunjungi salah satu cafe dan kalian akan mendengar ucapan “selamat datang, tuan” dan dikelilingi oleh gadis-gadis manis berkostum pelayan ala Eropa. Pilihan makanan terbaik sudah pasti jatuh pada nasi omelet dan dituliskannya nama kalian dengan mengunakan saus. Para pelayan cantik ini juga ada di sekeliling kalian untuk kalian ajak berinteraksi. Sering-sering kunjungi tempat tersebut dan kalian bisa saja mendapatkan kesempatan berfoto bersama salah satu pelayan di sana.
Akihabara banyak menawarkan kafe bertema seperti ini, dan para wanita pun bisa mengunjungi cafe serupa namun berisikan pelayan pria. Sudah jelas ini adalah pengalaman paling unik untuk kalian rasakan sendiri!

2. Menjelajahi Toko DVD Anime & Mangaakihabara

Akihabara sangat kental dengan anime dan manga berkat jumlah toko yang didedikasikan untuk barang dagangan tersebut. Kunjungi salah satu toko DVD atau manga dan kalian akan dikelilingi oleh digital art. Ada banyak toko yang menjual rilisan terbaru di pasar dan banyak pula toko bekas yang bisa menyiapkan barang-barang klasik dan langka. Jika ada serial manga atau anime yang ingin kalian beli dan bawa pulang baik itu DVD anime, komik ataupun Action Figure, Akihabara adalah tempatnya!

3. Berbelanja di Toko Barang Elektronik Ternamaakihabara

Jika kalian ingin membawa pulang produk elektronik terbaru di pasaran, kunjungi salah satu dari sekian banyak toko elektronik besar seperti Yodobashi Camera atau LABI. Masing-masing toko besar ini akan menghabsikan banyak waktu kalian ditambah dengan setiap tingkat yang didedikasikan untuk produk tertentu. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau saran dari staf, karena ada staf berkemampuan banyak bahasa yang dapat menjelaskan kepada kalian mulai dari kamera terbaru hingga penanak nasi seharga $1000. Tentunya mereka siap membantu Anda membuat keputusan pembelian terbaik.

4. Memburu Game Retro di Super Potatoakihabara

Super Potato adalah surga bagi para gamerretro. Koleksi besar game bekas mereka mulai dari awal perjalanan Nintendo Famicom ke era Dreamcast dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kalian mencari kenangan masa kecil untuk merasakan kembali pengalaman atau game klasik untuk mengisi koleksi video game kalian, toko multi-lantai ini akan menjadi tujuan akhir kalian untuk berburu permainan retro. Banyak gamer juga mengunjunginya sebagai museum game dan untuk melihat generasi permainan dan beberapa barang langka yang tersedia untuk dibeli seperti edisi Emas Nintendo World Championships 1990, tertarik?

5. Jadi Maniak di Gundam Caféakihabara

Siapa pun yang menyukai franchise mecha-anime ini dari tahun 1979 sampai sekarang harus mengunjungi kafe ini. Setiap aspek desain di tempat ini, mulai dari menu hingga ke setiap inci hiasan di dinding akan membuat nostalgia setiap penggemar seri yang berbeda bila dapat mengenalinya. Misalnya, kari daging Zaku Char Char yang 3 kali lebih pedas, atau carbonara spageti yang berjudul “Mission Accepted”, mengutip Heero dari Gundam Wing. Ada banyak referensi untuk karakter dan adegan bagi penggemar untuk ditemukan dan dirayakan. Kalian juga wajib mengunjungi toilet Gundam di kafe. Tutup pintunya, tekan “tombol lampu” dan …. Kami tidak ingin memberitahu apa yang akan terjadi karena itu adalah pengalaman dari dalam kamar mandi yang paling luar biasa.

6. Menangkan Hadiah dari UFO Catcherakihabara

Mesin penangkap UFO di Jepang sangat menyenangkan dan menawarkan beragam hadiah. Mesin crane ini (dan jenis lainnya) hanya perlu 100 sampai 200 yen per sekali coba dan hadiahnya berkisar dari barang dagangan dari tren anime terbaru hingga produk acak seperti mesin retro-game portabel. Mungkin kalian tertarik dengan paket camilan raksasa, atau kalian mungkin sedang mengumpulkan jajaran terbaru koleksi boneka Pokemon. Namun, barang-barang ini sangat eksklusif untuk mesin penangkap UFO. Kalian dapat mengunjungi salah satu dari beberapa toko pengecer di daerah tersebut, namun mendapatkan hadiah dari penangkap UFO setelah banyak mencoba tentunya akan memuaskan kalian baik hadiah maupun kepuasan yang luar biasa. Selingkan waktu untuk mengunjungi Sega Arcade dan Stasiun Taito di Akihabara untuk mesin terbaru.
7. Berburu Hardware PCakihabara
Untuk PC master race yang mencari komponen PC atau gadget unik untuk ditambahkan ke sistem komputer mereka, ada beberapa toko komputer kecil di sepanjang gang Akihabara. Mereka menjual banyak komponen komputer dengan harga murah dan sebanding dengan kualitas produk yang kalian temukan dari toko-toko besar. Apalagi jika kalian mencari mouse gaming atau keyboard yang bagus, cari di sekitar toko-toko yang tampak tua ini dan kalian akan menemukan beberapa harta tanpa harus melubangi dompet kalian.

8. Periksa Toko Merchandise Idolakihabara

Jika kalian fanatik idol Jepang, kalian HARUS tahu bahwa Akihabara menjadi tempat yang sangat baik untuk pertemuan idol dan barang dagangan idol. Selain teater AKB yang terkenal di atas gedung Donki Houte, ada juga lokasi terkenal lainnya. Kafe dan Toko AKB48 (tepat di samping kafe Gundam) menawarkan makanan sambil karoke. Tempat khusus penggemar acara Morning Musume dan Hello! Penggemar juga dapat mengunjungi toko resmi dan membeli set foto terbaru, poster dan kaos. Ada juga banyak reseller sehingga kalian bisa membeli photobookdan barang lain dengan harga diskon. Bagi pengunjung yang tidak mengerti budaya ini akan melihat kalau ini menari, dan mereka juga pasti tidak memiliki alasan untuk tidak mengunjunginya. Mungkin saja kalian akan menemukan idol favorit baru pada kunjungan ini!

9. Bermain dengan teman kalian di Arcade Centerakihabara

Sega Arcade dan Stasiun Taito yang menawarkan mesin penangkap UFO di lantai satu dan dua juga memiliki rangkaian arcade yang luas di lantai atas. Koleksi judul klasik yang lebih tua ini (game fighting dan jenis shoot’em up) dan game musik terbaru akan membuat kalian dan teman kalian bermain bersama dengan cara yang tidak dapat dilakukan di ruang tamu lagi. Maksudnya, apa kalian punya kabin pilot Gundam di rumah? Di sana jelas ada!!!

10. Makan di Salah Satu Toko Ramenakihabara

Ketika sedang berkeliaran di sekitar Akihabara dalam keadaan lapar (dan tidak menuju ke salah satu dari banyak kafe unik di daerah itu), ramen selalu bisa menjadi pilihan utama. Ada begitu banyak toko ramen di daerah ini yang menawarkan semua jenis ramen mulai dari sup standar hingga yang memiliki berbagai campuran unik. Kalian harus mengunjungi satu persatu tempatnya!

11. Kagumi Kendaraan Berdekorasi Animeakihabara

Penggemar hardcore mobil dan juga anime telah menghiasi kendaraan mereka dengan karakter anime favorit mereka. Mobil mereka (disebut Itasha) benar-benar ditutupi oleh cat dan stiker untuk memamerkan fandom dan kesetiaan mereka. Para pemilik sering berkumpul di Akihabara untuk menampilkan mobil mereka ke penggemar lain untuk saling menghargai. Dan salah hal yang unik adalah melihat sebuah ita-jitensha dimana pemiliknya menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mendekorasi sepedanya! Berkeliaran di sekitar area ini dan kalian akan dengan mudah melihat banyak kendaraan yang dihiasi seperti ini.

12. Belanja Murah di Donki Houteakihabara

Donki Houte (atau Don Quijote) tidak hanya di Akihabara. Sebenarnya, toko diskon besar ini memiliki cabang di seluruh Jepang, namun tetap saja memiliki beberapa barang bagus untuk kalian ketika di Akihabara. Toko masif ini biasanya memiliki 4-7 lantai dan menjual produk populer yang bisa kalian temukan di toko lain, tapi seringkali ada diskon 10-30% di sini. Mereka memiliki banyak koleksi makanan ringan, produk perawatan kecantikan dan stok barang elektronik, serta barang-barang acak yang aneh seperti piyama karakter dan pakaian dalam seksi. Khusus untuk budaya Akihabara, mereka memiliki pilihan costum untuk cosplay murah yang tersedia. Mereka juga memiliki banyak pilihan untuk barang-barang seperti light stick, cocok untuk mereka yang mengunjungi konser idol di teater AKB di lantai 8.

13. Keluarkan Koleksi Cosplay Kalianakihabara

Fenomena besar lainnya yang berasal dari budaya anime adalah cosplay, di mana orang mengenakan pakaian dari karakter tertentu dan menirunya dengan detail ekstrim. Kalian akan sering berpapasan dengan cosplayer di jalanan Akihabara, karena ada banyak toko yang menjual alat dan bagian-bagian kostum lain (bahkan ada toko khusus untuk wig). Beberapa toko juga menjual set pakaian lengkap jika kalian ingin mencari pakaian untuk festival lokal berikutnya.

14. Berbelanja dan Du-Du-Du-Du-Duel di Yellow Submarineakihabara

Toko game Yellow Submarine adalah toko hobi besar yang harus dikunjungi mereka yang tertarik dengan mainan, board game, dan permainan kartu. Pilihan model plastik (Gundam, mobil Mini 4WD, dll) tempat ini tidak terkalahkan dalam hal kelengkapan dan kalian dapat menemukan hampir semua model yang kalian inginkan di sini. Mereka yang menggiati TCG (Yu-Gi-Oh, Duel Masters) juga dapat menemukan koleksi kartu mengesankan yang tersedia untuk dibeli. Banyak pemain yang datang untuk berdagang dan bersosialisasi namun juga karena tokonya menyelenggarakan banyak tutorial dan turnamen reguler yang bisa diikuti siapa saja. Mungkin kalian harus membawa deckkalian, jika datang ke Akihabara nanti.
Source : taiken